Selasa, 28 September 2021

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita Sesuai Umur

Mengetahui berapa ukuran berat badan yang ideal bagi tubuh Anda bisa dilakukan dengan menggunakan cara tertentu. Ada beberapa cara menghitung berat badan ideal wanita sesuai umur yang bisa Anda terapkan secara mandiri di rumah.

Perhitungan berat badan yang ideal ini bisa Anda terapkan untuk wanita dewasa maupun anak perumpuan di bawah umur. Berikut ini adalah ulasan mengenai beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk menghitung berat badan ideal wanita sesuai dengan umurnya.

Menghitung Berat Badan Ideal dengan Rumus Broca

Rumus broca merupakan cara untuk menghitung berat badan ideal seseorang tergantung pada jenis kelaminnya. Hal ini karena komposisi tubuh antara laki-laki dan perempuan mempunyai perbedaan, salah satunya adalah jenis hormon yang diproduksi.

Hormon merupakan salah satu unsur di dalam tubuh yang akan mempengaruhi pertumbuhan otot dan struktur tulang. Hal inilah yang menyebabkan ukuran berat badan antara laki-laki dan perempuan berbeda. Berikut adalah rumus broca untuk menghitung berat badan ideal wanita.

Berat badan ideal (kg) = (tinggi badan (cm) – 100) – ((tinggi badan – (Cm) – 100) x 15%)

Rumus Broca ini ditemukan oleh Dr. Pierre Paul Broca pada tahun 1871 dan mulai dipopulerkan secara luas oleh Dr. BJ Devine. Pada perhitungan berat wanita, Anda bisa menggunakan rumus ini untuk menghitung berat badan idelalnya dengan tetap mempertimbangkan kondisi tubuh masing-masing.

Hal ini karena semakin bertambahnya usia wanita, maka komposisi tubuhnya juga akan mengalami perubahan. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui cara menghitung berat badan ideal wanita dengan tepat.

Menghitung Berat Badan Ideal dengan Body Mass Index (BMI)

Body Mass Index merupakan cara berikutnya untuk menghitung berat badan ideal wanita sesuai dengan usianya. Anda bisa menggunakan cara ini untuk menghitung berat badan ideal wanita untuk usia dewasa, remaja, dan anak-anak.

Bagi Anda yang merupakan seorang binaragawan disarankan tidak menggunakan rumus BMI untuk menghitung berat badan ideal. Hal ini karena massa ptpt atlit dan orang biasa berbeda, sehingga akan mempengaruhi ukuran berat badannya yang ideal.

Massa otot wanita cenderung lebih rendah jika dibandingkan dengan pria, sehingga ukuran berat badan yang ideal juga tidak bisa disamakan. Berikut ini adalah rumus yang body mass index yng bisa digunakan untuk menghitung berat badan ideal bagi wanita.

IMT = Berat badan (kg) / (tinggi badan (m) x tinggi badan (m))

Setelah melakukan perhitungan berat badan ideal dengan rumus ini, maka selanjutnya bandingkan hasilnya untuk menggolongkannya dalam beberapa katerogi. Kategori pertama adalah kurus, yaitu apabila hasil perhitugan Anda di bawah 18,5

Kategori selanjutnya adalah ideal untuk hasil perhitungan kisaran 18,5 hingga 25. Apabila hasil perhitungan Anda menunjukkan anka antar 25, 1 hingga 27, maka masuk kategori overweight. Sementara apabila melebihi 27, maka Anda termasuk orang yang obersitas.

Cara Menghitung BB Perempuan Usia 1 – 10 Tahun

Cara menghitung berat badan ideal wanita sesuai umur yang satu ini ditunjukkan untuk usia mulai dari 1 hingga 10 tahun. Anda perlu mulai menghitung ukuran berat badan idel anak agar perkembangannya bisa dimonitor sesuai usia.

Rumus untuk menghitung berat badan ideal anak perempuan mulai dari usia 1 hingga 10 tahun adalah 2n + 8, dengan arti n ini melambangkan usia dari anak dalam satuan tahun. Contohnya adalah apabila Anda menghitung berat badan anak usia 8 tahun, maka 2 x 8 + 8, maka hasilnya adaalh 26.

Cara Mendapatkan Berat Badan Ideal

Setelah mengetahui cara menghitung berat badan ideal wanita sesuai umur, maka Anda juga harus memahami bagiamana langkah untuk menjaganya. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk menjaga berat badan Anda agar tetap ideal.

Mengatur Pola Makan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengatur pola makan dengan tepat daripada harus melakukan diet ketat. Jenis makanan yang bisa Anda konsumsi untuk menjaga berat bada tetap ideal adalah buah, daging, sayur, dan sumber protein tinggi lainnya.

Jangan lupa untuk mengonsumsi vitamin yang mendukung program Anda untuk menjalani program menjaga berat badan. Apabila Anda ingin diet, maka lakukan sesuai dengan cara yang sehat, sehingga kebutuhan nutrisi tubuh tetap bisa terpenuhi.

Anda juga sebisa mungkin harus memperkecil intensitas mengonsumsi makanan cepat saji agar tidak membuat berat badan meningkat dengan cepat. Hal ini karena kebanyakan junk food rendah akan kandungan lemak sehat dan serat.

Berkonsultasi dengan Ahli

Berkonsultasi dengan ahli merupakan cara berikutnya untuk menjaga berat badan ideal agar Anda mengerti jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Anda bisa mendatangi ahli diet apabila ingin mengetahui cara menjaga berat badan secara non medis.

Apabila Anda sedang mengalami obesitas dan mencoba menurunkan berat badan, maka bisa coba mendatangi dokter bariatrik. Tujuannya adalah agar dokter tersebut memberikan Anda pola manajemen berat badan dengan menggabungkan olahraga, diet, dan menjaga pola makan.

Rajin Olahraga

Cara menjaga berat badan ideal yang terakhir adalah rajin olahraga yang disesuaikan dengan kondisi olahraga. Durasi yang bisa Anda terapkan setiap harinya adalah selama 70 menit untuk aktifitas berat dan 2,5 jam untuk olahraga ringan.

Bagi Anda yang sudah berusia lanjut, maka intensitas olahraga ini bisa disesuaikan dengan kondisi tubuh. Sementara bagi wanita yang sedang menstruasi tetap boleh melakukan olahraga dengan aktivitas ringan karena terkadang mengalami kram perut.

Jenis Makanan yang Bisa Dikonsumsi untuk Menjaga Berat Badan

Memilih jenis makanan yang tepat juga merupakan salah satu cara untuk menjaga berat badan Anda tetap ideal. Berikut ini jenis makanan yang bisa dikonsumsi oleh wanita apabila ingin menjaga berat badannya agar tetap ideal sesuai dengan usia.

Gandum Utuh

Biji gandum yang masih utuh banyak mengandung mineral dan vitamin, sehingga membuat Anda akan cepat merasa kenyang saat mengonsumsinya. Di samping itu, gandum utuh juga kaya akan serat yang cocok dikonsumsi apabila sedang menjaga berat badan.

Sayur dan Buah

Kandungan vitamin pada buah dan sayur bisa membantu melengkapi kebutuhan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Anda bisa mengonsumsi buah apel, pisang, dan keluarga berry sebagai camilan. Sementara untuk sayur Anda bisa memilih paprika, wortel, dan brokoli.

Protein Rendah Lemak

Pada saat sedang menjaga berat badan, Anda juga harus tetap mengonsumsi protein, namun dengan jenis yang rendah lemak. Jenis protein yang rendah lemak antara lain adalah tahu, kacang polong, ikan, terlur, dan daging putih.

Mengurangi Konsumsi Gula dan Garam

Mengonsumsi banyak gula dan garam akan membuat kadar kalori dalam tubuh meningkat, sehingga mempengaruhi berat badan. Anda harus mengurangi konsumsi gula dan garam ini secara bertahap agar berat badan tidak mengalami kenaikan secara drastis.

Cara menghitung berat badan ideal wanita sesuai umur ini bisa Anda terapkan dengan tetap menerapakan hal-hal yang diperlukan untuk menjanganya. Jangan lupa juga untuk tetap memperhatikan kesehatan Anda selagi menjaga berat badan tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar