Kamis, 23 September 2021

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita Saat Hamil

Cara menghitung berat badan ideal wanita saat hamil merupakan hal yang penting untuk Anda ketahui. Hal ini bertujuan agar berat badan selama hamil tetap bisa Anda jaga, dan tetap berada di angka yang seharusnya.

Anda tentunya harus memahami apakah tubuh dalam keadaan normal, obesitas atau kekurangan gizi. Jika kondisi tubuh dalam keadaan yang tidak normal maka akan membahayakan kesehatan ibu dan bayi. Berikut adalah beberapa cara menghitung berat badan ideal untuk wanita yang sedang hamil.

Cara Menghitung Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah menghitung batas normal kenaikan berat badan ibu hamil terlebih dahulu. Anda bisa memperhitungkannya menggunakan rumus body mass index atau biasa dikenal dengan BMI.

Hasil perhitungan menggunakan rumus body mass index ini bertujuan untuk mengetahui kategori kenaikan berat badan Anda tergolong ideal atau tidak. Anda bisa memperhitungkan berat badan menggunakan rumus BMI ini secara berkala hingga trisemester terakhir.

Kenaikan berat badan Anda akan mempengaruhi tindak lanjut berikutnya yang harus dilakukan agar mencapai angka ideal. Oleh sebab itu, apabila Anda sedang memeriksakan kandungan ke dokter jangan lupa untuk menanyakan kenaikan berat badan agar bisa menjaganya tetap ideal.

Penyebab Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil

Anda tidak hanya perlu memahami cara menghitung berat badan ideal wanita saat hamil saja, melainkan juga penyebab kenaikannya. Penyebab kenaikan berat badan ini dipengaruhi oleh tiga tahap kehamilan wanita, antara lain adalah sebagai berikut.

Trisemseter Pertama

Hal pertama yang dialami oleh sebagian besar wanita pada saat trisesmeter pertama adalah mual dan perubahan selera makan. Pada kebanyakan wanita hamil akan mengalami mual dan selera makannya menurun saat trisemester pertama, sehingga membuat berat badannya menurun.

Ada pula wanita yang mengalami peningkatan nafsu makan pada saat kehamilannya baru memasuki trisemester pertama. Perubahan nafsu makan tersebut juga bisa membuat berat badannya mengalami pengingkatan drastis.

Trisemester Kedua

Pada saat trisemester kedua, umumnya wanita hamil akan mengalami kenaikan berat badan secara pesat. Hal ini karena trisemester kedua merupakan masa kondisi kehamilan sudah termasuk stabil, sehingga pola makan tidak lagi terganggu.

Kondisi trisemester kedua ini terjadi antara rentang kehamilan pada minggu ke 20 hingga 30. Anda bisa mengonsultasikannya kepada dokter apabila kenaikan berat badan terlalu parah. Jangan lupa untuk bertanya seputar cara menjaga berat badan agar tetap ideal dan sesuai dengan kondisi kehamilan.

Trisemester Ketiga

Kondisi pada trisemester ketiga ini menunjukkan bahwa janin sudah mulai berkembang lebih besar, sehingga akan mempengaruhi berta badan sang ibu. Pada beberapa kasus terdapat wanita hamil yang merasa lebih cepat kenyang karena merasakan desakan dari bayi pada perutnya.

Ibu hamil akan menunjukkan perubahan fisik pada trisemester ketiga ini ditandai dengan perutnya yang semakin membesar. Anda juga harus tetap menjaga kebutuhan nutrisi merkipun kondisi tubuh memang akan lebih gemuk daripada biasanya.

Kategori Kenaikan Berat Badan Pada Ibu Hamil

Ada beberapa kategori kenaikan berat badan ibu hamil yang dihitung berdasarkan rumus BMI untuk mengetahui apakah Anda termasuk dalam golongan kurang, ideal, atau obesitas. Berikut ini adalah ulasan mengenai tingkat kenaikan berat badan pada ibu hamil.

BMI Lebih dari 30

Hal yang harus dilakukan ibu hamil pada saat angka BMI menunjukka lebih dari 30 adalah menjaga pola makan bergizi dan seimbang. Tujuannya adalah agar kenaikan berat badannya ideal, yaitu 5 hingga 9 kg dan 11 sampai 19 kg apabila calon buah hatinya merupakan kembar.

Berat badan ideal ini harus tetap dijaga dengan baik untuk menghindari potensi komplikasi dan kesehatan bayi dalam kandungan tetap terjaga. Di samping itu, berat badan ideal ini juga bertujuan agar Anda tidak mengalami kesulitan pada saat melahirkan.

BMI Pada Rentang Antara 25 – 29,9

Hasil yang akan Anda dapatkan dari cara menghitung berat badan ideal wanita saat hamil adalah pada rentang 25 hingga 29,9. Angka ini menunjukkan bahwa ibu hamil sedang mengalami kelebihan kenaikan berat badan.

Hal yang harus Anda lakukan adalah mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan protein dan serat. Apabila Anda ingin mengonsumsi camilan, sebaiknya memakan jenis buah-buahan sehat yang cocok untuk ibu hamil saja.

BMI Pada Rentang Antara 18,5 – 24,9

Rentang BMI 18,5 hingga 24,9 meninjukkan bahwa kenaikan berat badan ibu hamil mencapai titik ideal, yaitu berkisar antara 11 hingga 16 kg. Hal yang perlu dilakukan untuk menjaganya adalah menjaga pola makan saat kandungan memasuki trisemester kedua.

Anda juga bisa melakukan olahraga ringan yang cocok untuk ibu hamil, sehingga berat badan tetap terjaga dengan seimbang. Pastikan bahwa Anda tetap hati-hati saat berolahgara agar kesehatan kandungan juga tetap terjaga.

BMI kurang dari 18,5

Kategori kenaikan berat badan terakhir menurut perhitungan dengan rumus BMI adalah kurang dari 18,5. Hal ini menunjukkan bahwa berat badan ibu hamil berada di bawah dari titik ideal, sehingga harus meningkatkan konsumsi makanan bergizi,

Pada posisi ini kenaikan berat badan ibu hamil yang dianjukan adalah antara 17 hingga 25 kg. Anda bisa meningkatkan berat badan ini dengan cara sering makan, namun dalam porsi sedikit. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang.

Cara Menjaga Berat Badan Ibu Hamil

Ibu hamil harus tetap menjaga berat badannya agar sebisa mungkin menunjukkan angka ideal. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa diterapkan untuk menjaga berat badan ibu hamil agar tetap ideal.

Mengonsumsi Makanan yang Sehat

Hal pertama yang bisa Anda terapkan adalah mengonsumsi makanan sehat bergizi dan seimbang agar kebutuhan nutsisi dalam tubuh dapat tepenuhi. Jangan lupa untuk mengonsumsi buah dan sayur setiap hari guna memenuhi kebutuhan vitamin.

Banyak Minum Air Putih

Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi banyak air putih, yaitu sekitar 2,5 hingga 3 liter setiap harinya. Hal ini bertujuan agar Anda tidak cepat mengalami dehidrasi, sehingga kebutuhan air putih ibu hamil terbilang lebih banyak.

Makan dalam Porsi Kecil Tetapi Sering

Cara berikutnya yang bisa Anda terapkan adalah menjaga pola makan, yaitu melakukannya dengan sering tetapi dalam porsi kecil. Hal ini bisa Anda lakukan untuk menghindari keinginan makan dalam porsi besar hanya dalam sekali.

Mengendalikan Nafsu Makan Saat Ngidam

Stigma keinginan ibu hamil yang sedang ngidam harus dituruti memang sudah menjadi tradisi di masyarakat. Namun, ternyata Anda harus tetap mengendalikannya dan bertanya pada dokter kandungan apakah makanan yang diinginkan layak dikonsumsi ibu hamil atau tidak.

Cara menghitung berat badan ideal wanita saat hamil di atas bisa Anda simak untuk menjaga kesehatan ibu dan buah hati. Jangan lupa untuk menjaga pola hidup sehata agar angka kenaikan berat badan Anda ideal.

0 komentar:

Posting Komentar